Dunia Informasi dan Warta Online [Business, Lifestyle, Technogy, Women, Software]

Jumat, 02 Desember 2011

Minum Kopi Sembarangan Dapat Bahayakan Ibu Hamil

(Minum Kopi Sembarangan Dapat Bahayakan Ibu Hamil) - Satu gelas kopi memang memiliki banyak banfaat, diantaranya adalah untuk mengurangi rasa kantuk serta mengurangi risiko serangan kanker. Tetapi ibu yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi kopi, disebabkan kopi memiliki terlalu banyak kafein yang mana kafein yang berlebihan dapat membahayakan kandungan dan jantung.
Efek kafein dalam kondisi normal akan mulai berkurang sekitar kurang lebih 5 jam sejak masuk dalam tubuh. Meskipun demikian jika kopi dikonsumsi oleh ibu hamil penguraian kafein tersebut memerlukan waktu bisa lebih dari dari 30 jam. Dari sini bisa disimpulkan bahwa semakin lama penguraian kafein dalam tubuh semakin lama pula efek samping yang akan ditimbulkannya. Berikut ini merupakan efek samping dari minum kopi yang berlebihan:
  • Kafein dapat meningkatkan irama jantung
  • Memicu sakit kepala
  • Rasa nyeri di dada
  • Rasa gelisa
  • Kram pada perut
Diwartakan oleh para ahli peneliti dari Glasgow University di Skotlandia bahwa, ibu hamil tetap diperbolehkan minum kopi asalkan kandungan kafeinnya tidak lebih dari 200 mg per harinya. Hal ini berarti, kopi espresso sangat tidak dianjurkan karena memang disajikan dengan sangat pekat sehingga kadar kafeinnya sangat berlebihan.
Mengutip dari Dailymail pada ahli Jumat (2/12/2011) Dr Alan Crozier salah satu pemimpin penelitian ini mengungkapkan "Variasinya cukup besar. Ibu hamil masih bisa meminum kopi dengan kadar kafein rendah 4 kali sehari, namun jika mengkonsumsi kafein dengan kadar tinggi maka 1 cangkir saja sudah dapat menimbulkan overdosis.

Disamping ibu hamil, mengkonsumsi kopi dengan kadar kafein yang tinggi juga tidak disarankan pada anak kecil dan penderita gangguan hati. Jika tetap memaksakan minum kopi dengan kadar kafein yang tinggi kondisi ini menjadikan kerja hati tidak optimal sehingga dapat menimbulkan risiko overdosis kafein meningkat yang disebabkan oleh lambatnya metabolisme.

Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil dan anak-anak lebih baik minum air putih bersih yang banyak, dimana air putih ini tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

Minum Kopi Sembarangan Dapat Bahayakan Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Geoklik