Dunia Informasi dan Warta Online [Business, Lifestyle, Technogy, Women, Software]

Senin, 12 Desember 2011

Makanan Cepat Saji (Fast Food) pengaruhi timbulnya Diabetes

(Makanan Cepat Saji (Fast Food) pengaruhi timbulnya Diabetes) - Makanan siap saji atau yang sering disebut dengan fast food adalah makanan yang paling digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, disamping cara penyajiannya yang instant biasanya makanan cepat saji (fast food) juga tidak kalah enaknya dengan makanan yang melalui proses pemasakan yang lama, hal ini tentu sangat menguntungkan bagi anda yang memiliki aktifitas ekstra sibuk. Jika anda merupakan salah satu penggemar dari makanan cepat saji, sebaiknya anda segera merubah pola makan cepat saji tersebut. Pasalnya, dailymail pada hari Senin, 12-12-2011 mengabarkan bahwa mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan / terlalu sering (2 kali seminggu) dapat memicu tingginya risiko serangan diabetes.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Tasmania dan 1 institut di Australia dimana mereka mempelajari berbagai pola makan dan gaya hidup dari 1.896 orang laki-laki dan perempuan yang berusia rata-rata 26-36 tahun.

Dari sebuah studi terbaru ini diketahui bahwa orang dewasa muda akan lebih mengalami gangguan kesehatan seperti meningkatnya risiko diabetes serta penyakit jantung jika ia mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan (2 kali semminggu). Dan perempuan akan lebih rentan terkena dampak dari bahaya ini daripada laki-laki.

Diperkirakan sekitar 10 persen penyakit diabetes diduga diakibatkan oleh rusaknya sistem kekebalan tubuh, sedangkan 90% penyebab diabetes tipe 2 sangat erat kaitannya dengan tidak sehatnya pola makan dan gaya hidup sehari-hari, dimana salah satunya adalah terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji (fast food).

Kadar gula darah yang kian meningkat dapat mengganggu sirkulasi dan pembuluh darah. Oleh sebab itu jika diabetes ini tidak segera diobati dengan baik maka dapat meningkatkan risiko serangan jantung, amputasi serta kebutaan.

Kadar glukosa dan insulin yang tinggi mampu menyebabkan seseorang jadi resisten terhadap hormon-hormon tertentu yang mana nantinya bisa menimbulkan kerusakan atau efek yang lebih parah.

Oleh sebab itu sebaiknya kita rubah pola makan kita jika masih tergantung dengan makanan cepat saji sebagai salah satu cara untuk menghindari / mencegah munculnya berbagai penyakit yang siap menyerang kesehatan kita termasuk diabetes dan penyakit jantung.

Makanan Cepat Saji (Fast Food) pengaruhi timbulnya Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Geoklik