Dunia Informasi dan Warta Online [Business, Lifestyle, Technogy, Women, Software]

Jumat, 11 November 2011

6 Tips untuk Tidur yang Sehat dan Berkualitas

(6 Tips untuk Tidur yang Sehat) - Tidur merupakan proses untuk mengistirahatkan anggota tubuh kita supaya tidak kelelahan dan overload. Tidur yang berkualitas menjadi dambaan setiap orang. Namun tingkat stres yang tinggi dalam aktifitas sehari-hari terkadang membuat orang tak dapat waktu untuk tidur yang baik. Oleh sebab itu cobalah melakukan langkah-langkah ini untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.
Sewaktu tidur tubuh akan memasuki tahap gerakan mata nonrapid (nonrapid eye movement/NREM) dimana sebagian besar malam dan siklus rapid eye movement (REM) yang berulang setiap 90 menit.

Selama tubuh kita tertidur REM (rapid eye movement), energi disediakan hanya untuk otak dan tubuh yang akan mendukung tingkat kinerja saat siang hari. Tidur yang berkualitas bisa meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh serta kejernihan mental, mengatur berbagai macam kadar hormon serta perasaan sejahtera.

Seperti dikutip dari Livestrong, pada hari Kamis (10/11/2011) "Supaya bisa mendapatkan manfaat dalam tidur tersebut maka seseorang sebaiknya mendapatkan waktu tidur yang sehat dan berkualitas, berikut ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mendapat tidur sehat:

1. Cobalah untuk menyesuaiakan waktu tidur berdasarkan kelompok usia
Pada umumnya orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7-9 jam per malam, anak usia sekolah mendapatkan waktu tidur 10-11 jam per malam, sedangkan ibu hamil dan orang tua memerlukan waktu tidur yang lebih.

Tetapi kondisi ini bisa bervariasi, hal ini juga tergantung dari status kesehatannya dan kondisi tubuhnya, karena jika terlalu banyak tidur juga dapat menyebabkan masalah medis serta mental tapi jika terlalu sedikit waktu untuk tidur juga menghambat memori, kinerja dan reaksi.

2. Mengkondisikan lingkungan sekitar supaya mendukung tidur yang menenangkan
Suasana yang nyaman adalah hal penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak. Untuk mendapatkannya sebaiknya menggunakan kasur, seprai dan bantal yang nyaman, ruangan yang tidak terlalu terang, terasa tenang dan temperatur yang sedang.

3. Makan secukupnya 2-3 jam sebelum tidur
Hindarilah makan yang berlebihan mendekati waktu tidur karena hal ini bisa membuat tidur tidak nyenyak. Jika Anda orang yang sering lapar di tengah malam atau menjelang tidur, maka anda bisa mengkonsumsi makanan ringan rendah gula seperti secangkir outmeal, yogurt rendah lemak serta hindari makanan pedas yang dapat mengganggu pencernaan.

4. Hentikan aktifitas merokok dan konsumsi kafein 8 jam sebelum tidur
Zat kafein dan nikotin merupakan stimulan yang sangat mengganggu dan bisa membuat orang jadi gelisah. Tidur gelisah tidak dapat meremajakan tubuh di esok hari namun menyebabkan penyimpangan dalam memori dan pengambilan keputusan.

5. Menjadwalkan tidur dalam aktivitas harian
Memiliki jadwal tidur yang rutin pada jam yang sama setiap malam dapat membantu tubuh untuk siap relaksasi jika sudah mendekati waktu tidur. Namun, apabila tidak bisa tidur cobalah untuk melakukan kegiatan santai seperti baca buku ringan dan mendengarkan musik.

6. Melakukan tidur siang 30 menit untuk meremajakan pikiran
Tidur siang efektif membantu tubuh mengisi ulang energi dan pikiran, tapi sebaiknya batasi waktunya kurang dari 30 menit untuk menghindari gangguan tidur di malam hari. Serta hindari tidur siang jika sudah melebihi jam 3 sore.

Tidur yang sehat sangatlah memepengaruhi berbagai macam jenis kesehatan yang terdapat pada tubuh kita salah satunya adalah mata dan otak kita. Oleh sebab itu tidur sehat sangat di anjurkan kepada setiap orang untuk menerapkan pola tidur sehat tersebut.

6 Tips untuk Tidur yang Sehat dan Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Geoklik